Warga Dayak Meminta Pembangunan Jangan Terkonsentrasi di IKN

quotesfromtopinsurers.com —  Warga Tradisi Dayak Kalimantan Timur minta pembangunan bukan hanya terkonsentrasi di lokasi IKN. Tetapi, pembangunan IKN diharap jalan bersama-sama dengan pembangunan wilayah sekitaran IKN.

Ketua Dewan Tradisi Dayak Balikpapan, Abriantinus menjelaskan sekarang masih banyak wilayah, khususnya yang dihuni warga dayak terisolir. Ada banyak wilayah yang sampai sekarang masih susah dicapai, hingga warga kesusahan untuk terhubung beragam sarana umum.

Ia mengharap hal itu jadi perhatian dari pemerintahan dalam pembangunan IKN. “Sejak awal kali kami benar-benar memberikan dukungan pembangunan IKN dan sudah pasti kami inginkan pembangunannya berpengaruh untuk wilayah sekitaran pusat ibukota,” ucapnya dalam pembicaraan dengan Pro 3 RRI, Sabtu (17/8/2024).

“Saya pernah sampaikannya ke Presiden Jokowi masalah sejumlah inspirasi dari warga Tradisi Dayak pada 26 Oktober 2023 kemarin. Selainnya masalah masih jumlahnya wilayah yang terisolir, ada banyak inspirasi yang kami berikan saat itu.”

Salah satunya, katanya, keinginan warga Tradisi Dayak supaya sungai-sungai yang terdapat masih tetap didiamkan natural serta jangan ditutup. Hal-hal lain masalah beberapa situs monumental masih tetap diproteksi, dan masalah pembangunan ekonomi untuk warga.

Waktu itu, imbuhnya, presiden langsung memberi respon inspirasi mereka dengan mengevaluasi secara langsung beberapa jalan lintasi yang susah dilalui. Presiden janji akan memerhatikan inspirasi warga Tradisi Dayak berkaitan dengan pembangunan IKN.

Abriantinus menceritakan jika dianya merasa suka ini hari diundang untuk mendatangi peringatan beberapa detik proklamasi kemerdekaan RI di IKN. Ia memandang peringatan HUT Ke-79 RI di pusat IKN jadi peristiwa monumental bukan hanya untuk dianya, tetapi juga warga Tradisi Dayak, dan bangsa Indoenesia.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *