Figur Sultan Najamudin yang Taklukkan La Nyalla Mattalitti, Sah Pimpin DPD RI Masa 2024-2029

quotesfromtopinsurers.comĀ  – Sultan Bachtiar Najamudin sukses memenangi pemilihan Ketua Dewan Perwakilan Wilayah (DPD) sesudah berkompetisi dengan rivalnya, Aa Lanyalla Mattalitti.

“Dengan begitu, karena itu calon paket pimpinan DPD RI dipilih masa 2024-2029 ialah, satu Ketua, Sultan Najamudin,” kata pimpinan sementara, Larasati Moriska di Kompleks Senayan, pada Rabu, 2 Oktober 2024.

Penetapan pemilihan Ketua DPD itu di ikuti oleh 151 anggota DPD yang datang dan tanda-tangani daftar datang pada Sidang Pleno DPD ini hari. Berdasar hasil pengambilan suara, Sultan Najamudin meraih kemenangan dengan kantongi support sekitar 95 suara, dan rivalnya yaitu Lanyalla cuma memperoleh 56 suara.

H. Sultan Bachtiar Najamudin, S.Sos., M.Sang. terlahir di Anggut, Pino, Bengkulu Selatan, pada 11 Mei 1979. Dia adalah seorang politik Indonesia yang sekarang memegang sebagai Ketua Dewan Perwakilan Wilayah Republik Indonesia (DPD RI) semenjak 2 Oktober 2024. Sultan adalah alumnus Fakultas Pengetahuan Sosial dan Pengetahuan Politik Kampus Indonesia dan meneruskan pendidikan S2 di Kampus Prof Dr Moestopo.

Saat kuliah di FISIP Kampus Indonesia (UI), dia cari uang untuk ongkos dengan jadi tukang service AC keliling. Kemudian, dia membangun perusahaan yang beroperasi di sektor keamanan, persenjataan dan bahan peledak komersil. Sekarang group usahanya memasuki ke bidang perkebunan, pertambangan, dan property.

Saat sebelum masuk ke dunia politik, Sultan mengawali kariernya sebagai pebisnis dengan membuat perusahaan di bagian pemasaran senjata, bahan peledak, dan tabung gas nasional di bawah ASA Kreasi Grup. Pada 2009, dia dipilih sebagai anggota DPD RI dari Dapil Bengkulu dan memegang sebagai ketua jalinan antara instansi di DPD RI. Sesudah 3 tahun, Sultan memundurkan diri untuk memegang sebagai Wakil Gubernur Bengkulu sampai 2015.

Sesudah tidak berhasil dalam pemilihan gubernur pada 2015, Sultan kembali maju sebagai calon DPD RI pada 2019 dan dipilih dengan raih 191.499 suara, menjadikan sebagai suara paling banyak. Dalam masa itu, dia memegang sebagai Wakil Ketua DPD RI.

Ia aktif berorganisasi. Terdaftar ia sebelumnya pernah terjun di HIPMI Bengkulu (2011-2014), KONI Bengkulu (2011-2013), PARFI (2006-sekarang) sampai KADIN DKI pada 2003. Pada 14 Agustus 2024, dia terima penghargaan Bintang Mahaputera Nararya dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi karena andilnya pada warga, negara dan bangsa.

Pengukuhan anggota Dewan Perwakilan Masyarakat (DPR), Dewan Perwakilan Wilayah (DPD), dan Majelis Pembicaraan Masyarakat (MPR) masa 2024-2029 dilakukan pada Selasa, 1 Oktober 2024, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat. Awalnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah memutuskan 580 anggota DPR dipilih dan 152 anggota DPD dipilih.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *