Media Asing Sorot Upacara Pertama RI di IKN, Terang-terangan Katakan Ini

quotesfromtopinsurers.comĀ  – Perayaan Hari Kembali Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) diadakan berlainan dari beberapa tahun sebelumnya. Untuk pertamanya kali, serangkaian Upacara Pengibaran dan Pengurangan Bendera Merah Putih berjalan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Kalimantan Timur.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) pimpin secara langsung upacara itu. Ini jadi upacara paling akhir Jokowi jadi orang nomor satu di Indonesia, saat sebelum memberikan pucuk kekuasaan ke pemerintah Prabowo Subianto.

Dalam pada itu, Wakil Presiden (Wakil presiden) Ma’ruf Amin pimpin upacara yang diadakan di Istana Merdeka, Jakarta. Upacara HUT ke-79 diadakan pada dua tempat dengan bersama.

Kesemarakan upacara pertama di IKN ikut jadi pantauan media asing. Reuters menulis artikel dengan judul ‘Indonesia Holds Curtailed Independence Day Moment in Troubled New Capital’ (Indonesia Melangsungkan Upacara Hari Kemerdekaan di Ibu Kota Baru yang Memiliki masalah).

Dalam laporannya, Reuters menjelaskan upacara di IKN bertaraf kecil, karena kota baru tersebut dalam tahapan pembangunan. Disamping itu, Reuters terang-terangan menyebutkan pembangunan IKN “diterpa permasalahan penangguhan”.

Reuters menyebutkan project IKN alami penangguhan konstruksi dan kekurangan permodalan dampak dari wabah Covid-19 yang mengakibatkan investasi asing geret.

Pemunduran diri beberapa pimpinan project IKN diulas dalam laporan itu. Sebagai informasi, Bambang Susantono dan Dhony Raharjoe mengatakan undur dari posisi Kepala dan Wakil Otorita IKN sesaat kemarin.

“Ajang Upacara HUT ke-79 Indonesia dari penjajahan Jepang yang usai pada 1945 didatangi 1.300 tamu, menyusut dari gagasan awalnya 8.000 tamu,” kata Reuters, d ikutip Sabtu (17/8/2024).

Mencuplik pengakuan Jokowi, Reuters memberikan laporan IKN alami kebatasan kemampuan pemondokan dan stok makanan untuk melangsungkan Upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI dalam rasio penuh.

Selainnya beberapa tamu VIP dari beragam pejabat negara, upacara di IKN didatangi warga di tempat dan beberapa karyawan konstruksi.

Mulyana, seorang karyawan konstruksi berumur 38 tahun di IKN, menjelaskan ia habiskan sembilan bulan akhir untuk membuat gedung kantor kementerian yang beberapa dipakai di hari Sabtu untuk perayaan itu di tengah-tengah terbatasinya infrastruktur untuk mengalihkan material.

“Sepanjang 5 bulan kami bekerja dalam shift 24 jam, karena kebatasan akses. Kami memerlukan dua sampai tiga jam (tiap hari) untuk mengalihkan beton memakai alat berat,” kata Mulyana ke Reuters.

IKN sedang dibuat di teritori rimba disebelah timur pulau Kalimantan, sekitaran 1.200 km (745 mil) dari ibukota sekarang ini, Jakarta, di pulau Jawa.

Jokowi sudah berusaha untuk tingkatkan keyakinan pada mega project sebesar Rp 42,5 triliun itu pada beberapa bulan akhir, berdasar laporan Reuters.

Diantaranya, pemerintahan lakukan penempatan batu pertama pembangunan hotel dan gedung perkantoran, dan melangsungkan rapat cabinet pertama di istana negara baru yang berwujud elang.

Tetapi, Jokowi menjelaskan gagasan relokasi beberapa ribu PNS ke IKN dapat diundur, bergantung persiapan ibukota itu. Awalnya, beberapa aparat negara ditujukan bersiap berpindah ke IKN mulai September 2024.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *