Jokowi Berikan Pesan ke Pertamina dan PLN di Upacara Hari Lahir Pancasila

Jakarta, quotesfromtopinsurers Indonesia – Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpesan khusus ke PT PLN (Persero) dan PT Pertamina (Persero) saat upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 2024, Sabtu (1/6/2024).
Dalam pidatonya, Jokowi minta PLN dan Pertamina yang disebut Badan Usaha Punya Negara (BUMN) untuk ikut berperanan saat percepat peralihan energi ke arah energi hijau di Indonesia. Menurut dia, peranan itu dapat memberi damak positif untuk warga RI.

“Peralihan energi harus diteruskan dengan setahap, kita harus percepat peralihan energi ke arah energi hijau,” tegas Jokowi waktu memberi instruksi dalam upacara di Lapangan Garuda Pertamina, Hilir Rokan, Dumai, Riau, Sabtu (1/6/2024).

“Pertamina dan PLN tetap harus meningkatkan energi hijau yang tingkatkan nilai lebih dalam negeri, yang memakmurkan warga dan memakmurkan masyarakat bawah yang searah dengan beberapa nilai Pancasila,” tambahnya.

Dalam pemaparannya, Jokowi mengatakan jika Indonesia terus berusaha untuk berperan serta dalam pergerakan dunia ke arah ekonomi hijau. Jokowi memperjelas, keterlibatan dalam pergerakan ini dilaksanakan karena Indonesia mempunyai daya saing yang lebih tinggi pada ekonomi hijau.

Menurut Presiden, daya saing tinggi pada ekonomi hijau itu disokong oleh Indonesia yang mempunyai kekayaan sumber daya alam (SDA), seperti energi panas bumi, energi surya, sampai energi ombak.

“Opsi ini bukan lantaran kita ingin ikutan, tetapi karena kita berkekuatan besar karena kita punyai daya saing tinggi pada ekonomi hijau,” kata Jokowi.

“Kita punyai sebagian besar tipe energi hijau. Dimulai dari energi panas bumi, energi surya, energi air, energi angin, dan energi ombak,” sambungnya.

Tidak itu saja, Jokowi memperlihatkan kekayaan alam Indonesia yang berbagai ragam hingga sanggup memberikan dukungan peralihan ekonomi hijau, yaitu hasil kebun yang bisa dibuat jadi biodiesel, bioethanol, dan bioavtur.

Jokowi percaya kemampuan energi hijau yang dipunyai Indonesia sanggup memberikan keuntungan ekonomi Indonesia, termasuk buka kesempatan-peluang kerja yang memakmurkan warga.

“Kemampuan energi hijau ini akan mengundang industri hijau akan mengundang pendanaan ekonomi hijau; hasilkan green food, pangan hijau; dan buka kesempatan-peluang untuk green jobs yang memakmurkan dan sekalian berkesinambungan,” tutur RI 1.

Dalam peluang yang masih sama, Jokowi mengutarakan argumen Lapangan Garuda Pertamina di Hilir Rokan jadi lokasi upacara peringatan Hari Lahir Pancasila di tahun ini. Jokowi mengutarakan, ada pesan kemandirian ekonomi yang ingin dipertegas pemerintahan.

“Kita harus jamin kekayaan negara seutuhnya untuk kemakmuran masyarakat. Kita harus juga aktif menggantikan kembali beberapa aset vital bangsa. Kita urus dan gunakan sebesarnya untuk kesejahteraan masyarakat, kesejahteraan warga,” papar Jokowi.

“Satu diantaranya ialah Block Rokan di Riau ini, lokasi yang kita gunakan untuk upacara peringatan Hari Lahir Pancasila,” sambungnya.

Sebagai informasi, upacara peringatan Hari Lahir Pancasila ini ikut didatangi oleh beberapa menteri Cabinet Indonesia Maju, seperti Menteri BUMN, Erick Thohir; Menteri PUPR Basuki Hadimuljono; Menko PMK Muhadjir Effendy; sampai Menteri Luar Neger Retno Marsudi.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *