Kelebihan dan Ibadah Sunnah Hari Arafah

BULAN Dzulhijjah adalah salah satunya bulan yang ada beberapa kelebihan didalamnya untuk kaum muslim. Satu diantaranya ialah hari Arafah. Di hari ini jamaah haji bergabung di Padang Arafah untuk melakukan wukuf.

Disamping itu, hari Arafah dikatakan sebagai hari yang sarat dengan pengampunan dosa. Karena itu, semua kaum muslim terutama yang tidak berwukuf disarankan untuk perbanyak ibadah saleh di hari ini satu diantaranya secara berpuasa.

Puasa Arafah ditangani satu hari saat sebelum perayaan Iduladha yaitu tanggal 9 Dzulhijjah. Mengarah di hasil sidang isbat Kemenag RI, tanggal 1 Dzulhijjah jatuh pada 8 Juni 2024. Dengan demikian, waktu puasa Arafah tanggal 9 Dzulhijjah akan ditangani pada Minggu, 16 Juni 2024. Kaum muslim di Indonesia dapat kerjakan puasa Arafah untuk mendapat kelebihannya.

Hari Arafah bukan hanya hari kesembilan pada bulan Zulhijah. Selainnya disarankan untuk melakukan puasa Arafah, hari Arafah adalah waktu mustajabnya doa dan hari diampunkannya dosa. Karena itu, kaum muslim disarankan untuk perbanyak do’a pada hari itu. Dikutip Rumaysho, berikut kelebihan hari Arafah:

1. Hari Arafah Ialah Hari Pengampunan Dosa
2. Hari Arafah Ialah Waktu Mustajab untuk Berdoa
3. Hari Arafah Ialah Hari yang Paling Khusus
4. Hari Arafah Ialah Penggenap atau Pengganjil
5. Hari Arafah Ialah Hari Ditingkatkannya Agama dan Nikmat
6. Hari Arafah Ialah Hari Id untuk Umat Islam

Ibadah di Hari Arafah tidak cuma ditujukan untuk jemaah haji saja. Tetapi ditujukan untuk semua kaum muslim di penjuru dunia. Lantas, ibadah apa yang dapat dilaksanakan di Hari Arafah?

1. Perbanyak Doa Apa Saja
2. Membaca Doa Arafah
3. Lakukan Puasa, Terutama untuk yang Tidak Sedang Berhaji
4. Perbanyak Takbir setiap Usai Sholat
5. Tingkatkan Beribadah dan Amal Saleh

Tersebut sejumlah kelebihan dan ibadah sunah pada hari Arafah. Tulis baik informasi di atas dan janganlah lupa diamalkan!

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *