Profile Irjen Nico Afinta, Bekas Kapolda Jawa timur yang Sekarang Jadi Sekjen Kemenkumham

quotesfromtopinsurers.com  – Bekas Kepala Kepolisian Wilayah (Kapolda) Jawa Timur, Irjen Nico Afinta, sah dikukuhkan jadi Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

Nico dikukuhkan oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi (Menkumham) Supratman Andi Agtas di Graha Pengayoman, kompleks Kemenkumham, Jakarta Selatan, Selasa (24/9/2024).

“Saya mengharap sebagai Sekretaris Jenderal, Saudara tidak cuma sekedar pimpinan, tapi sebagai pendorong peralihan,” kata Supratman, d ikutip dari Kompas.com, Selasa.

Supratman menjelaskan, kedudukan yang digenggam Nico benar-benar vital, signifikan, dan jadi tiang khusus dalam management dan administrasi di Kemenkumham.

Berikut profile Irjen Nico Afinta, bekas Kapolda Jawa timur yang sekarang jadi Sekjen Kemenkumham.

Profile Irjen Nico Afinta Pria kelahiran Surabaya, Jawa Timur, ini adalah alumnus Sekolah tinggi Kepolisian (Akpol) 1992 dan banyak memiliki pengalaman di bagian reserse.

Sesudah lulus dari Akpol, Nico sebelumnya sempat meneruskan pendidikannya ke tingkatan sarjana di Sekolah Tinggi Pengetahuan Kepolisian. Perwira tinggi ini juga sebelumnya sempat mengenyam pendidikan S2 sampai doktoral di Kampus Padjajaran, Bandung, Jawa Barat.

Nico raih gelar doktor pada 2016, bersama dengan kelulusannya di Sekolah Staff dan Pimpinan Tinggi (Sespimti) Polri. Profesi pertama kalinya diawali saat memegang sebagai Pamapta Polrestabes Semarang pada 1993.

Pada 2013, dia sebelumnya pernah memegang sebagai Kapolrestabes Medan sepanjang 2 tahun, saat sebelum dimutasi ke Kabagbindik Sespimma Sespim Lemdiklat Polri pada 2015.

Pucuk profesinya terjadi pada 2020, saat dia dipilih jadi Kapolda Kalimantan Selatan, diikuti Kapolda Jawa Timur di tahun yang masih sama.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Exit mobile version