Check Tanda-Tanda Permasalahan pada Rem Mobil Waktunya Mengganti Kampas

Check Tanda-Tanda Permasalahan pada Rem Mobil Waktunya Mengganti Kampas

Rem mobil mempunyai peranan signifikan untuk mengatur dan hentikan kendaraan untuk jaga keselamatan di jalan. Rem yang berperan secara baik akan menolong menghambat keausan berlebihan pada elemen lain seperti cakram dan kampas rem.

“Rem mobil yang berperan secara baik tidak cuma pastikan keselamatan sopir dan penumpang, tapi juga semua pemakai jalan,” kata Ferry, Chief Operating Officer Hyundai GOWA.

Karena itu, dianya memberi pesan pada beberapa pemakai mobil agar teratur memeriksa keadaan remnya. Berikut panduan bagaimana ketahui pertanda rem mobil saat alami permasalahan:

1. Pengereman Berdecit

Bila kedengar suara mendecit saat lakukan pengereman, kemungkinan kampas rem mulai aus. Pengereman berdecit biasanya disebabkan karena gesekan di antara kampas rem dan cakram.

Meremehkan pertanda ini bisa mengakibatkan kerusakan selanjutnya pada mekanisme pengereman.

2. Menyusutnya Cairan Rem

Pengurangan tingkat cairan rem ialah tanda-tanda ada kebocoran dalam mekanisme pengereman. Cairan rem yang lebih rendah akan kurangi efektivitas rem yang hendak berpengaruh pada bertambahnya dampak negatif kecelakaan di jalan.

3. Lampu Tanda Rem Berpijar

Lampu tanda rem yang berpijar di dasbor adalah signal serius ada permasalahan. Penting agar selekasnya mengeceknya dan mengatasinya agar tidak mengakibatkan kerusakan selanjutnya atau dampak negatif yang tidak diharapkan.

4. Pedal Rem Keras

Bila pedal rem berasa keras saat diinjak, kemungkinan ada permasalahan pada mekanisme hidrolik atau master silinder rem. Pedal rem yang keras akan merepotkan sopir mengatur kecepatan kendaraan.

Kapan Waktunya Menukar Kampas Rem?

Menukar kampas rem dengan periodik adalah perlakuan penting pada perawatan kendaraan untuk menghambat keausan terlalu berlebih.

Tanda-tanda seperti suara mendecit, pedal rem yang dirasa keras, atau ketebalan kampas yang tipis ialah pertanda jika kampas rem perlu ditukar.

Dianjurkan untuk lakukan pergantian tiap 40.000 sampai 80.000 km, bergantung pada penggunaan kendaraan.

Dengan lakukan pengujian dan perawatan dengan teratur, pemilik kendaraan bukan hanya jaga keamanan berkendaraan, tapi juga perpanjang usia gunakan elemen kendaraan, tingkatkan kenyamanan, kurangi dampak negatif kemelut sepanjang perjalanan, dan kurangi ongkos pembaruan di masa datang.

Untuk informasi selanjutnya mengenai service purnajual, pelanggan bisa mengontak Cabang Hyundai Gowa paling dekat atau Hyundai Gowa Call Center di 0812 1000 9400, atau berkunjung web sah www.hyundaigowa.com.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *